Sudah Mengudara di Bali, Intip Spesifikasi Taksi Terbang EHang 216

Taksi terbang EHang 216 telah mengudara di Bali dalam acara uji coba atau flight demo pada Jumat, 26 November 2021. Uji coba itu diketahui melewati dua tahap, yakni dilakukan secara tertutup pada 25 November 2021, dan dibuka secara umum sehari kemudian.

“Pelaksanaan demo flight telah melalui proses assessment yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Ditjenhubud. Sekitar delapan bulan kami melakukan assessment baik terhadap pesawat udaranya, personil yang mengoperasikan, dan lokasi yang dipakai. Sehingga kami dapat memberikan rekomendasi pelaksanan demo flight,” kata Menteri Perhubungan Agustinus Budi Hartono.

Setelah melakukan percobaan beberapa hari lalu, tak lengkap rasanya jika tidak membahas soal spesifikasi EHang 216 ini. Menurut laporan pengelola EHang, Prestige Aviation, taksi terbang ini memiliki keunggulan lebih baik ketimbang pesawat berawak tradisional.

Hal itu tak terlepas dari konsep teknologi EHang AAV yang diusung dengan tiga filosofi, yakni tingkat keamanan maksimum, pengendalian tanpa awak, dan kontrol dari pusat komando kendali cerdas. Dengan menerapkan teknologi otonom, maka kemungkinan human error bakal berkurang.

EHang 216 nantinya bakal dikendalikan melalui pusat komando melalui kendali cerdas dengan menggunakan seperangkat sistem intuitif. Sistem ini pun memiliki lima fungsi inti, yakni perjalanan terbang, manajemen kluster, pemantauan, pengendalian dan peringatan dini.

Taksi terbang ini diketahui menggunakan tenaga listrik yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi. Dalam pengisian dayanya, EHang 216 bisa menggunakan sumber daya listrik sebesar 220V atau 380V dalam satu jam.

Dengan satu kali pengisian daya tersebut, EHang 216 bisa menjangkau jarak terbang sampai 35 km. Sedangkan kecapatan maksimal mampu mencapai 130 km/jam.

Secara keseluruhan, dimensi taksi terbang EHang 216 ini memiliki panjang 5.61mm, tinggi 1.77mm, dan lebar 5.61mm. Kendaraan listrik terbang ini bisa mengangkut muatan maksimal 220 kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.