Lagu Sedih Adele Easy on Me Bikin Mood Terasa Lebih Baik, Ini Sebabnya

Lagu Adele yang berjudul Easy On Me, salah satu dari album terbarunya 30, membuat siapa pun yang mendengarnya memiliki perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Musik sedih diyakini dapat menjadi teman imajiner yang bisa memberikan empati kepada siapa pun setelah merasa kehilangan.

Tidak ada yang tahu alasannya dengan jelas mengapa banyak orang menyukai lagu dengan latar musik yang sedih, karena seharusnya kesedihan itu dihindari. Namun menariknya, musik sedih justru bisa membuat kita kembali bangkit. Jadi, ini alasan kenapa lagu sedih menjadi lebih menyenangkan bagi sebagian besar orang.

1. Biologi musik sedih

Dimulai dengan teori biologi, ketika kita merasa kehilangan di dunia nyata atau memiliki rasa sakit yang disebabkan oleh orang lain, hormon seperti prolaktin dan oksitosin dilepaskan dalam tubuh sehingga hal itu bisa membantu mengatasi rasa kehilangan dan sakit. Ini membuat orang merasa tenang, terhibur, dan didukung.

Tidak ada teori yang mengatakan bahwa musik sedih akan meningkatkan kadar prolaktin dalam tubuh, namun penelitian lain mengatakan bahwa peran prolaktin dan oksitosin dapat membuat musik sedih menjadi terasa menyenangkan.

2. Psikologi musik sedih

Musik sedih akan membuat orang merasa merinding, banjir emosi, kehangatan di dada, dan kegembiraan. Seorang penulis Amerika, James Baldwin, mengatakan bahwa hal-hal yang paling menyiksa bisa menghubungkan semua orang yang hidup. Ini mungkin bisa dijelaskan mengapa orang yang perasaannya tergerak karena musik sedih cenderung memiliki empati yang tinggi.

Perasaan yang tergerak juga bisa disebabkan dengan pengalaman dan ingatan hal-hal yang pernah kita lakukan. Memang benar, saat mendengarkan musik sedih, hanya sekitar 25 persen orang yang benar-benar merasakan sedih sisanya hanya merasakan emosi yang lain dan paling sering bernostalgia.

3. Mengungkapkan kesedihan

Kesedihan mungkin bisa terjadi bersamaan dengan keindahan. Tindakan yang melibatkan kesedihan dan keindahan dapat memancing perasaan yang dapat menyentuh dan menginspirasi kita. Adele membuat musik berdasarkan dari pengalaman hidup yang sulit dan membantu memahaminya dengan sebuah lagu.

Ini biasa dilakukan oleh orang-orang berjiwa seni yang tinggi. Mengekspresikan perasaan rasa sakit, penderitaan, dan kesedihan mereka dengan memberi makna pada musik atau karya mereka.

Pada akhirnya, lagu-lagu Adele akan memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang. Mendengarkan musik bisa membuat orang merenung, mengambil bagian dari lagu itu dengan bernostalgia, atau bahkan bersantai dengan mendengarkan alunan musik yang indah. Adele membuat orang merasakan kesakitan yang ia alami melalui lagunya.

SHELAMITA AZZAHRA | INDIAN EXPRESS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.