Bukan Hanya Orang Dewasa, Anak-anak Pun Bisa Mengalami 6 Gangguan Kesehatan Ini

Beberapa gangguan kesehatan seperti diabetes dan kolesterol tinggi biasanya dialami oleh orang dewasa. Tapi kini masalah itu bisa dialami oleh orang dari segala usia, termasuk anak-anak.

Penyebab utama anak-anak mengalami kondisi itu adalah gaya hidup tidak sehat, selain pengaruh genetik tentunya. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang juga bisa mengancam anak-anak, dilansir dari Times of India.

Obesitas

Obesitas menjadi masalah anak-anak akhir-akhir ini, terutama sepanjang pandemic Covid-19. Banyak anak yang diam di rumah saja akhirnya mengalami penambahan berat badan yang signifikan selama hampir dua tahun ini. Salah satu penyebab utama kondisi ini adalah kurang aktivitas fisik dan konsumsi junk food yang berlebihan.

Diabetes tipe 2

Diabetes juga bisa dialami anak-anak, tapi biasanya diabetes tipe 1 yang lebih karena genetik. Tapi akhir-akhir ini penyakit ini juga dialami anak-anak.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi pada anak-anak biasanya disebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius, misalnya masalah ginjal dan jantung.

Fatty liver

Fatty liver atau perlemakan hati banyak diderita orang dewasa yang gemar minum alkohol berlebihan. Pemicunya adalah obesitas. Jika tidak diatasi segera, penyakit ini bisa menyebabkan pembengkakan dan jaringan parut pada organ tersebut.

Kolesterol tinggi

Asupan makan yang tidak sehat sejak kecil berdampak pada tingkat kolesterol pada tubuh yang semakin memburuk seiring dengan pertambahan usia. Risiko lebih tinggi lagi terjadi pada anak yang memiliki riwayat diabetes atau kolesterol tinggi di keluarga.

Sleep apnea

Obesitas bisa membuat anak mengorok ketika tidur malam. Untungnya gangguan kesehatan ini bisa diatasi tanpa kesulitan berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.